Tuesday, February 5, 2013

JURUS JITU BELAJAR EFEKTIF

JURUS JITU BELAJAR EFEKTIF

1.    Camkan Tujuan Belajar Karena Allah Semata.
      Kita yakin bahwa Allah akan menempatkan orang-orang yang berilmu pada derajat yang tinggi. Oleh karena itulah kita belajar hanya bertujuan agar Allah ridho sama apa yang kita kerjakan. Dengan menjadikan Allah sebagai tujuan, maka kita nggak bakalan pernah meresa kehilangan semangat (motivasi) untuk belajar. Untuk itu jangan pernah lupa pasang niat sebelum dan sesudah belajar. Awalilah kegiatan belajarmu dengan Bismillah dan ketika sudah selesai akhiri dengan Alhamdulillah yang mantap.
 2.   Tetapkan Target Belajar.
Kita perlu tahu apa yang ingin kita capai dalam belajar. Untuk itu buatlah sebuah daftar target yang ingin di capai. Misalnya : setelah membaca dan memahami rumus-rumus Fisika atau Matematika, kita harus mampu menyelesaikan model atau type soal kayak gini. Atau setelah membaca Bab I Sosiologi atau Sejarah, kita mampu menyebutkan / menghafalkan pengertian atau tokoh-tokoh dalam Sosiologi atau Sejarah, dan sebagainya.
 3.    Biasakanlah Belajar Secara Teratur, Rutin dan Terus Menerus (Kontiniu).
Jangan kalau mau ujian aja donk belajarnya !?. Jadikan kegiatan belajar itu kebutuhan, bukan sekedar kewajiban semata. Luangkan sedikit waktu untuk belajar, paling sedikit 2 (dua) jam untuk mengulang pelajaran yang diterima di sekolah.
4.     Belajar Nggak Mesti Terikat Dengan Tempat.
Kenapa kita nggak coba untuk berada dalam kondisi belajar dimana aja? Kebanyakan kita baru bisa belajar kalau berada di kamar, didepan meja belajar, atau di tempat yang sunyi senyap. Padahal belajar bisa dilakuin di mana aja. Misalnya ; saat menunggu kendaraan / bis, saat nunggu teman, dan dalam perjalanan atau kesempatan-kesempatan lain buat belajar. Terkadang kita mendapatkan waktu yang kosong yang kita sendiri nggak tahu mesti ngapain. Nah, kesempatan seperti itu seharusnya kita pakai buat belajar, nggak ada ruginya khan!?
5.     Supaya Jurus Di Atas Manjur, Kita Mesti Punya trik Belajar Praktis.
Misalnya ; buat catatan mungil dalam buku mini (notes) atau bisa kita buat sendiri dari potongan kertas, yang berisi catatan rumus-rumus dasar atau ringkasan materi pelajaran tertentu.
6.     Konsentrasi Saat Belajar.
Perhatikan dengan baik setiap apa yang dijelaskan guru di kelas, dan segera tanyakan hal-hal yang samasekali belum difahami. Dengan demikian kita telah mengurangi beban belajar dirumah.
7.     Belajar Harus Sterill (bersih) dari Stress!
Nah, gimana bisa enjoy belajarnya kalau selalu dikejar SKS (Sistem Kebut Semalam). Kalau mau ujian baru mati-matian belajar dirumah, padahal materi yang harus dikuasai seabreg! Apalagi belajarnya kalau dipaksa ortu atau kakak. Alhasil ketika ujian kebingungan apa yang mesti dijawab.

8.    Membuat Kelompok Belajar Yang Disiplin dapat dilakukan untuk membiasakan belajar teratur.
       Tentukan jadwal belajar kelompok (boleh dilakukan 2-3 kali pertemuan seminggu), materi bahasan dan terget kelompok juga harus disiapkan, kalau perlu  panggil Pembimbing untuk mengarahkan belajar kelompok yang di buat (Guru atau kakak kelas yang pinter juga boleh untuk dijadikan pembimbing).
       Setiap anggota kelompok harus mampu untuk disiplin dengan waktu, siap untuk mengikuti kegiatan belajar, dan siap untuk mengerjakan semua tugas. Agar suasana belajar lebih berfariasi, buatlah diskusi, tanya jawab, dan latihan soal atau penugasan.

9.    Jangan Sungkan atau Malas Untuk Menerapkan Metode Kreatif.
       Misalnya dengan membuat rumus atau defenisi di lemaran-lembaran kertas, lalu tempelkan di tembok kamar tidur, di dekat meja makan atau dikamar mandi. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kamu dalam mengingat materi pelajaran. Bisa juga dilakukan dengan membuat sistem bagan untuk meringkas materi.
10.   Kuasai Materi Atau Bahan Pelajaran Secara Menyeluruh, jangan setengah-setengah.
      Sebelum memulai belajar sesuatu, cobalah untuk melihat materi secara keseluruhan, setelah itu, kuasai bagian-bagian materi secara bertahap. Jangan pindah ke materi berikutnya atau yang lain sebelum satu bagian materi difahami dengan baik. Tentu saja cara ini akan berhasil, kalau kita belajar secara teratur, rutin dan Kontiniu.

11.   Buang Sejauh Mungkin Keraguan Dan Ketidak Fahaman Materi Pelajaran Sedini Mungkin.
Segeralah bertanya kepada guru atau teman sampai kita benar-benar faham.
12.   Cobalah Untuk Menyukai Semua Pelajaran.
Kebencian terhadap salah satu mata pelajaran hanya akan melunturkan semangat belajar.
13.   Belajar Membutuhkan Konsentrasi.
       Cobalah untuk memusatkan perhatian pada setiap apa yang dijelaskan guru di kelas. Singkirkan hal-hal yang dapat mengganggu konsentrasi belajar. Konsentrasi bukan  diperoleh hanya dengan suasana yang sunyi dan tenang semata, tetapi bagaimana kita bisa menguasai diri dan fikiran agar nggak terpengaruh hal-hal lain.
14.   Buatlah Catatanmu Serapi Mungkin, Ringkas, Menarik Dan Sistematis.
Gimana kita mau membaca catatan kita sendiri, kalau catatannya pun kurang rapi, dan kayak cacing kepanasan. Kerapian catatan bisa mempengaruhi minat kita untuk membacanya.
15.   Apakah Belajar Kita Mengalami Kemajuan ?
      Gejala adanya kemajuan dalam belajar bisa dilihat dengan meningkatnya kemampuan dan keterampilan. Nah, ukurlah kemampuan belajar kamu dengan mengganti type atau model soal yang lebih rumit. Jangan pernah cepat merasa puas dengan menguasai hal-hal yang mudah-mudah dan sederhana saja.

No comments:

Post a Comment